Senin, 28 Maret 2011

MODEL PENGEMBANGAN MATERI PLH

MODEL PENGEMBANGAN MATERI PLH




Model pengembangan dan sistem yang digunakan diserahkan sepenuhnya kepada sekolah masing-masing. Sedangkan metode pembelajaran yang diterapkan diharapkan menggunakan berbagai inovasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik sekolah dan budaya lokal serta tingkat pendidikan siswa. Dengan penerapan berbagai inovasi pembelajaran, seperti Contectual Teaching Learning (CTL), Cooperative Learning, Pembelajaran Terpadu (Tematik) dan berbagai inovasi pembelajaran lainnya, dapat pula dengan menerapkan metode bermain peran, simulasi, studi kasus, menulis kreatif, praktek di lapangan dan lain-lain.
Materi PLH yang dikembangkan tidak hanya memfokuskan muatan substansi lingkungan hidup saja, tetapi menekankan pemahaman siswa terhadap pembangunan berkelanjutan, yang disebut dengan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan / Education for Sustainable Development (ESD). ESD ini diharapkan menghasilkan perubahan nilai, sikap ( berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup) dan tingkah laku berikut gaya hidup ke arah yang positif untuk memenuhi tujuan pembangunan berkelanjutan.
Adapun penilaian hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan penilaian berbasis kelas dan penilaian berkala. Untuk mencapai keberhasilan Pendidikan Lingkungan Hidup dimulai dari hati yang bertujuan untuk menggugah penyadaran, perubahan sikap dan pola pikir siswa terhadap lingkungan. Tidak mudah untuk menggugah penyadaran, perubahan sikap dan pola pikir siswa terhadap lingkungan. Berkaitan dengan PLH ini maka untuk mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, melaksanakan program Adiwiyata dan mempertahankan sebagai sekolah Adiwiyata memerlukan proses berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar