Senin, 28 Maret 2011

ADIWIYATA

ADIWIYATA
Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna : tempat yang baik dan ideal sehingga dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan menuju kepada cita-cita pembangunan berkelanjutan. Tujuan program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Program Adiwiyata sebagai salah satu progam Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah untuk upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.
Kegiatan utama diarahkan pada terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Disamping pengembangan norma-norma dasar yang antara lain: kebersamaan, keterbukaan, kesetaraan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Penerapan prinsip dasar Adiwiyata yaitu: partisipatif, dimana komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran; serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komperensif. Dalam mewujudkan Program Adiwiyata telah ditetapkan beberapa indikator yaitu: (i) pengembangan Kebijakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. (ii) pengembangan Kurikulum Berbasis Lingkungan. (iii) pengembangan Kegiatan Berbasis Partisipatif. (iv) pengembangan dan atau Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah. Keempat indikator tersebut dijabarkan lagi menjadi beberapa kriteria yang lebih terperinci dan detail.
Mewujudkan Adiwiyata untuk menciptakan generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan tidaklah mudah, karena memerlukan tahap pemberdayaan dan tahap kemandirian, arahan pada perubahan kesadaran, sikap, perilaku dan budaya seluruh warga sekolah.
Penerapan nilai-nilai dan pesan-pesan dalam Kompetensi Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup bagi siswa memerlukan proses yang berkelanjutan. Untuk mewujudkan Adiwiyata, ada komitmen yang tinggi dari Kepala Sekolah, partisipasi guru-karyawan-siswa, dan kerjasama yang baik dengan instansi terkait (pemerintah maupun swasta). Sehingga semua warga sekolah turut memberikan andil dan peran yang banyak berarti bagi sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar